Bapak Ekonomi Indonesia

Standar

 

Mohammad Hatta, sang Bapak Ekonomi Kerakyatan

Moh. Hatta merupakan bapak ekonomi kerakyatan. Beliau merupakan salah satu peletak dasar ekonomi Indonesia yang bertumpu kepada ekonomi kerakyatan. Salah satu hasil pemikirannya di bidang ekonomi adalah Pasal 33 UUD 1945.  

  1. Perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasar atas azas kekeluargaan
  2.  Cabang-cabang produksi yang penting bagi Negara dan yang menguasai hajat hidup orang banyak dikuasai oleh Negara.
  3.  Bumi, air dan kekayaan alam yang terkandung didalamnya dikuasai oleh Negara dan dipergunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat.

Mohammad Hatta lahir pada tanggal 12 Agustus 1902 di Bukittinggi. Di kota kecil yang indah inilah Bung Hatta dibesarkan di lingkungan  keluarga ibunya. Ayahnya, Haji Mohammad Djamil, meninggal ketika Hatta berusia delapan bulan. Sejak duduk di MULO di kota Padang, ia telah tertarik pada pergerakan. Sejak tahun 1916, timbul perkumpulan-perkumpulan pemuda seperti Jong Java, Jong Sumatranen Bond, Jong Minahasa. dan Jong Ambon

Beliau masuk ke perkumpulan Jong Sumatranen Bond. Sebagai bendahara Jong Sumatranen Bond, ia menyadari pentingnya arti keuangan. Tetapi sumber keuangan baik dari iuran anggota maupun dari sumbangan luar hanya mungkin lancar kalau para anggotanya mempunyai rasa tanggung jawab dan disiplin. Selanjutnya menjadi ciri khas sifat-sifat Mohammad Hatta.

Moh. Hatta dikenal dalam kegiatan intelektual, dengan buku-bukunya tentang topik-topik ekonomi. Ide koperasi yang menjadi bagian integral dari perekonomian Indonesia membuat ia semakin dikenal. Pada bulan Juli 1951, pada kesempatan Hari Koperasi, Hatta berbicara di radio tentang koperasi. Pada tahun 1953 kontribusi Hatta terhadap koperasi, menjadikannya digelari sebagai “Bapak Koperasi Indonesia” pada Kongres Koperasi Indonesia.

 sumber: http://www.persembahanku.com/artikel/tokoh/mohammad.hatta.sang.bapak.ekonomi.kerakyatan/49

2 responses »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s