Koperasi “AJM”

Standar

 

                Berdiri sejak tahun 2003, yang langsung ditangani oleh pendiri yang tak lain adalah pemiliknya  Dra. Linda Sianipar.koperasi ini berada di kota Kisaran, Sumatera Utara.  Dalam benaknya dia berpikir untuk tidak bisa diam saja dalam kehidupannya, dia mendirikan ini karna salah atu alasan yaitu karna tidak mau dimutasi dari tempatnya bekerja saat itu. dan ingin membantu orang-orang sekitar tempat tinggalnya yang kesusahan dalam keuangan dengan menawarkan pinjaman. Dengan modal awal koperasi ini sekitar Rp. 50.000.000 dia menjalankan pinjaman kepada orang-orang sekitar rumahnya. Awal mula berdirinya dia memiliki dua orang karyawan.  Memerikan pinjaman dengan dua tipe.

Tipe Pertama merupakan jenis harian, dimana besar pinjaman yang ditawarkan hanya berkisar dari Rp. 100.000-Rp.2000.000. Yang dikenakan administrasi sekitar sepuluh persen, artinya dari setiap pinjaman tersebut akan dipotong sebesar 10%. Dan pinjaman harian ini tidak memberikan jaminan.

Tipe Kedua merupakan jenis bulanan,  dimana besar pinjaman yang ditawarkan dari Rp.1.000.000-Rp.10.000.000. yang dikenakan administrasi sekitar sepuluh persen, artinya setiap pinjaman tersebut akan dipotong sebesar 10%. Sepuluh persen tersebut merupakan beban bunga yang harus dibayarkan si pemakai uang kepada koperasi setiap bulannya.  Pinjaman jenis ini harus dsertai dengan jaminan, berupa BPKP sepeda motor.

                Dalam menjalankan Koperasi  ibu Linda juga mengalami pasang surut, dimana ada beberapa dari nasabahnya yang bandal yang tidak membayarkan hutang kepadanya. Kebanyakan nasabah yang tidak membayar adalah dari jenis harian sehungga ibu Linda mengalami kerugian dan menutup jenis Harian tersebut.

                Ternyata pasang surutnya tak sampai disitu saja, kedua karyawannya pun berkhianat padanya dengan korupsi uang dari angsuran harian tersebut masing-masing yang kalau ditotal bekisar diantara Rp.200.000.000 sungguh nilai yang sangat fantastis! Dan ini merupakan kerugian yang sangat besar.

                Sampai saat ini dengan modal awal Rp. 50.000.000. laba bersih yang didapat tiap bulannya Rp. 5.000.000. dan jumlah uang yang beredar sekitar Rp. 250.000.000.

 

               

                 Misi koperasi adalah sebagai berikut:

  1. Meningkatkan Pelayanan Yang Berbasis Kepada Anggota.
  2. Meningkatkan Kualitas SDM Anggota Dan Karyawan Melalui Pendidikan Dan Pelatihan Berkelanjutan.
  3. Meningkatkan Daya Saing Sehingga Terwujud KSP Yang Mandiri Dan Bermutu.
  4. Ekspansi Wilayah Kerja

 

                Koperasi ini berdiri memiliki tujuan sebagai berikut:

  1. Membantu masyarakat yang mungkin kekurangan uang untuk biaya kehidupan sehari-hari.
  2. Memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk memenuhi kebutuhan hidup jika dalam keadaan terdesak

 

 

Demikian kilasan saya mengenai koperasi AJM, maaf foto koperasi belum dapat saya lampirkan karena suatu alasan.

 

Herlina Sonia S.S.

               

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s